Sakit gigi kerap kali menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Meski hanya bagian gigi saja yang sakit, tidak jarang membuat penderitanya merasakan sakit di seluruh tubuh. Maka tidak heran kalau melihat orang yang sedang sakit gigi pasti terlihat lesu dan sedikit sensitif. Sakit gigi sendiri ada banyak macamnya. Mulai gigi goyang, gigi geraham tumbuh, abses gigi, gigi patah, dan yang paling sering yaitu gigi berlubang.

Gigi berlubang menjadi masalah sakit gigi yang seringkali ditemui. Bahkan untuk lubang yang tak kasat mata sekalipun, dapat menyebabkan sakit gigi yang luar biasa. Rasa sakit inilah yang membuat kebanyakan penderita sakit gigi berlubang, memilih untuk mencabutnya.

Munculnya gigi berlubang umumnya disebabkan oleh plak yang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Plak tersebut nantinya akan diubah menjadi asam oleh bakteri dan mampu mengikis lapisan terluar gigi secara perlahan hingga menyebabkan berlubang. Gigi akan terasa sakit saat lapisan sudah terkikis sampai pada saraf gigi. Lama kelamaan, lapisan gigi akan habis hingga menyisakan akarnya saja. Meskipun begitu, mencabut gigi berlubang bukanlah solusi tepat yang disarankan dokter gigi Jogja untuk mengatasi gigi berlubang.

Solusi Terbaik untuk Gigi Berlubang

Ketika Anda konsultasi ke dokter gigi Jogja mengenai solusi terbaik untuk mengatasi gigi berlubang, dokter gigi Anda tentu akan memberi saran selain mencabut gigi. Mengapa begitu?

Langkah mencabut gigi berlubang hanya diambil oleh para dokter gigi ketika kondisi gigi sudah rusak parah dan tidak bisa diobati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang dibandingkan harus mencabutnya. Pada gigi berlubang ringan, biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk menambalnya. Sedangkan untuk gigi berlubang yang sudah memakan habis lapisan gigi, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan perawatan saluran akar.

Dokter gigi menghindari tindakan pencabutan gigi ini ternyata bukan tanpa alasan. Ini dikarenakan, pencabutan gigi akan merusak struktur gigi. Ruang kosong pada gigi setelah dicabut ini akan menyebabkan gigi sebelahnya akan tergeser dan menyebabkan nyeri. Di samping itu, susunan gigi juga menjadi tidak rapi dan menjadikan tidak nyaman untuk mengunyah.

Anda bisa mencoba untuk memasang gigi palsu agar struktur gigi tetap terjaga dan Anda juga tidak lagi merasakan sakit. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi jika ingin mengatasi masalah gigi berlubang. Anda bisa memilih berkonsultasi dengan dokter gigi Jogja yang terkenal dengan pelayanan terbaik.